Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Sebut Nama Presiden Tiongkok, Presenter TV India Dipecat

Kompas.com - 19/09/2014, 16:38 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Seorang pembaca berita televisi (presenter) memiliki kewajiban untuk tidak salah dalam membacakan beritanya, terutama saat membaca nama seorang pemimpin negara.

Namun, seorang pembaca berita di sebuah stasiun televisi India membuat blunder setelah salah membaca nama Presiden Tiongkok Xi Jinping yang sedang melakukan kunjungan resmi ke India.

Blunder itu terjadi pada Kamis (18/9/2014) ketika seorang pembaca berita stasiun televisi publik, Doordarshan, salah menyebut nama Presiden Xi Jinping.

Sang pembaca berita mengira nama depan Presiden Tiongkok adalah angka Romawi "XI" yang berarti angka 11 dalam ejaan latin. Nah, pembaca berita itu kemudian menyebut nama sang Presiden Tiongkok sebagai "Eleven (sebelas) Jinping" dalam sebuah siaran berita.

Situs berita setempat, Quartz Friday, mengabarkan blunder memalukan ini sampai ke telinga Direktur Eksekutif Doordarshan TV Jawahar Sircar yang langsung memecat sang pembaca berita.

"Kami sudah mengambil langkah tegas dan (kami) juga memperbaiki sistem kami," ujar Sircar lewat akun Twitter-nya.

Doordarshan, dulu, merupakan satu-satunya siaran televisi di India. Namun, sejak puluhan stasiun televisi bermunculan pada 1990-an, stasiun televisi publik ini terus mengalami penurunan.

Blunder ini tak hanya memalukan bagi stasiun televisi itu, tetapi juga bagi pemerintahan PM Narendra Modi, yang menyambut Presiden Jinping dengan sangat istimewa.

Modi bahkan "menggunakan" pesta ulang tahunnya yang ke-64 di kota kelahirannya, Ahmedabad, untuk menggelar jamuan makan malam mewah untuk Presiden Jinping.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com