Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Kerry Pastikan AS Akan Dapat Banyak Sekutu Ketika Melawan ISIS

Kompas.com - 18/09/2014, 05:18 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

Sumber CNN.com


WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menuturkan bahwa Amerika akan mendapatkan banyak sekutu dalam rangka melawan tindak terorisme dan kekejaman dari pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Hal tersebut disampaikan usai Obama menegaskan bahwa tentara Amerika tidak akan terlibat langsung melawan ISIS.

"Kami akan memiliki banyak sekutu untuk aksi militer melawan ISIS," kata Kerry yang disaksikan oleh senat dari Komite Hubungan Luar Negeri, Rabu (17/9/2014) seperti dilansir CNN.

Kerry menambahkan bahwa sejumlah negara yang tidak bisa disebutkan namanya telah setuju untuk ikut berkontribusi melawan militan ISIS. Nantinya, sekutu dari Amerika tersebut tidak akan melakukan serangan darat, melainkan melalui udara. Amerika sendiri sudah menyatakan tidak akan mengerahkan pasukannya untuk perang melawan ISIS.

Dalam sidang Komite Senat tersebut, Kerry mengingatkan tidak mau membuat perdebatan membahas masalah kebijakan Amerika yang sama seperti saat terjadi Perang Teluk dan Perang Irak lalu. Keputusan yang diambil Presiden juga sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang untuk tidak berperang dengan ISIS.

Obama bersikeras mengatakan tidak akan mengirimkan tentaranya untuk terlibat maupun melakukan serangan di Irak melawan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Hal tersebut disampaikan usai adanya usul mengirimkan tentara Amerika untuk menjadi penasihat militer tentara di Irak oleh pimpinan tinggi militer Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com