Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Sebut Ebola sebagai Ancaman Global

Kompas.com - 17/09/2014, 15:46 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebut wabah ebola di Afrika Barat sebagai "ancaman bagi keamanan global" saat ia mengumumkan peran AS yang lebih besar dalam memerangi virus tersebut.

"Dunia sedang menanti peran Amerika Serikat," kata Obama, Selasa (16/9/2014) malam, di Atlanta, Amerika Serikat.

Namun, ia menambahkan, penanganan wabah tersebut memerlukan "respons global". Langkah-langkah yang diumumkan termasuk mengirim 3.000 tentara AS ke wilayah tersebut dan membangun fasilitas kesehatan baru.

Ebola telah menewaskan 2.461 orang tahun ini, yang merupakan sekitar setengah dari mereka yang terinfeksi, kata Organisasi Kesehatan Dunia.

Pengumuman itu diberikan setelah para pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut wabah tersebut sebagai krisis kesehatan "yang tak tertandingi di zaman modern".

Penyebaran ebola berarti dana yang dibutuhkan untuk melawan wabah tersebut meningkat 10 kali lipat dalam sebulan terakhir, kata koordinator ebola PBB.

PBB mengatakan, dibutuhkan 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 11.948 triliun untuk melawan wabah tersebut. Beberapa langkah-langkah yang diumumkan Obama adalah:

  • Membangun 17 fasilitas kesehatan di Liberia, di mana terdapat 100 tempat tidur dan ruang isolasi.
  • Memberi pelatihan kepada 500 pekerja kesehatan setiap pekan.
  • Mengembangkan jembatan udara untuk mengirim pasokan ke negara-negara yang terkena dampak lebih cepat.
  • Menyediakan kotak perawatan kesehatan di rumah bagi ratusan ribu rumah tangga, termasuk 50.000 yang akan dikirim Agency for International Development (USAID) pekan ini ke Liberia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com