Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Malaysia Airlines Balik ke Landasan Setelah Alami Kerusakan "Autopilot"

Kompas.com - 14/09/2014, 14:10 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Sebuah pesawat Malaysia Airlines terpaksa kembali ke landasan karena mengalami kerusakan autopilot. Pesawat itu mendarat dengan aman di Bandara Kuala Lumpur, Minggu (14/9/2014) pagi, setelah terbang selama empat jam.

Maskapai penerbangan tersebut tengah terhuyung-huyung akibat dari dua tragedi yang menimpa pesawatnya tahun ini.

Pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH-198 terbang dari Kuala Lumpur ke Hyderabad di India pada Sabtu malam, tetapi Boeing 737-800 itu akhirnya kembali karena kerusakan autopilot. Pesawat tersebut mendarat kembali di ibu kota Malaysia hampir empat jam kemudian setelah berputar-putar untuk membuang bahan bakar di udara.

"Kerusakan itu tidak memiliki dampak pada keselamatan pesawat atau penumpang. Namun, sebagai langkah pencegahan, kapten memutuskan untuk kembali," kata maskapai penerbangan nasional Malaysia itu dalam sebuah pernyataan. Penerbangan tersebut dijadwalkan untuk berangkat lagi dari Kuala Lumpur pada hari ini.

Malaysia Airlines memiliki catatan yang bagus hingga tahun ini, saat maskapai itu kehilangan dua pesawat jenis Boeing 777-200s. Penerbangan MH370 dengan 239 orang di dalamnya hilang secara misterius pada 8 Maret lalu. Pesawat itu diyakini telah menyimpang dari jalurnya dan jatuh di bagian selatan Samudra Hindia, tetapi tidak ada jejak puing-puing apa pun yang ditemukan walau pencarian besar-besaran telah dilakukan.

Penerbangan lain, MH17, jatuh di Ukraina timur yang sedang dilanda perang pada 17 Juli. Tragedi terakhir itu juga menewaskan semua penumpang, yang berjumlah 289 orang. MH17 diyakini telah ditembak jatuh dengan sebuah rudal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com