Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tak Sengaja Tinggalkan Bahan Peledak di Bandara Sydney

Kompas.com - 11/09/2014, 17:07 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Kepolisian Federal Australia (AFP) harus menanggung malu gara-gara sebuah koper berisi bahan peledak tanpa sengaja tertinggal di Bandara Sydney. Bahan peledak ini merupakan bagian dari pelatihan anjing pelacak yang diadakan di tempat itu.

AFP langsung menyampaikan permintaan maaf karena koper berisi 230 gram bahan peledak plastik itu entah bagaimana berada di tangan seorang penumpang perempuan, pada Selasa (9/9/2014)  sore.

Peralatan peledak yang tidak aktif itu, ceritanya disimpan di dalam koper yang tidak diambil oleh pemiliknya. Anjing pelacak kemudian dilatih untuk menemukan bahan peledak tersebut. Menurut AFP, ini merupakan latihan rutin yang sedang mereka lakukan.

Namun entah mengapa, koper ini bisa berada di tangan seorang penumpang perempuan yang kopernya sendiri mengalami kerusakan dalam perjalanan. Penumpang ini baru menyadari bahwa kopernya telah tertukar sesampainya ia di daerah Cessnock. Ia langsung membawa koper itu ke kantor polisi terdekat.

Para anggota polisi yang bertugas kemudian mengevakuasi kantornya sebagai tindakan berjaga-jaga. Menurut Komandan AFP di Bandara Sydney, Wayne Buchhorn, pihaknya akan menindaklanjuti kesalahan fatal ini.

"Kami telah mengidentifikasi petugas yang lalai meninggalkan peralatan peledak ini dan akan diperiksa lebih lanjut," tegasnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com