Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Tak Bisa Biarkan ISIS Sebarkan "Setan"

Kompas.com - 11/09/2014, 09:09 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.COM — Dunia tidak dapat membiarkan menyebarnya "setan" dari kelompok militan Negara Islam (Daulah Islamiyah) atau ISIS. Demikian kata Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry di Baghdad, Rabu (10/9/2014).

Dalam jumpa pers di Irak, Kerry dalam rangkaian tur Timur Tengah mengatakan, ISIS merupakan "ancaman tunggal terbesar" yang dihadapi rakyat Irak saat ini. Ia mengatakan, akan ada rencana global untuk mengalahkan ISIS, tetapi pemerintah baru Irak harus menjadi "mesin" perang itu.

ISIS menguasai wilayah luas di Irak utara dengan mengalahkan tentara dan mendapatkan dukungan dari sejumlah kelompok Sunni yang membelot.

Sementara itu, paling tidak 13 orang tewas dalam serangkaian bom mobil di Baghdad timur. Ledakan itu terjadi selang beberapa menit di kawasan Syiah, Baghdad Baru. Paling tidak 20 lainnya terluka.

"Kanker" ISIS

Kerry melakukan kunjungan yang tak diumumkan sebelumnya ke Baghdad dalam awal lawatan Timur Tengah yang ditujukan untuk meningkatkan bantuan militer, politik, dan finansial untuk memerangi ISIS.

Ia melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Haidar Al-Abadi, yang menyerukan bantuan internasional untuk mengalahkan "kanker" ISIS.

"Tentu saja, peranan kami adalah untuk membela negara kami. Namun, komunitas internasional bertanggung jawab untuk melindungi Irak," kata Abadi setelah bertemu dengan Kerry.

Kerry dan Al-Abadi juga membicarakan tentang rencana Abadi untuk pemerintahan barunya. Perdana menteri yang merupakan pengikut Syiah itu berjanji untuk memberikan kekuasaan lebih banyak kepada Sunni dan menangani hubungan pemerintah pusat dengan minoritas Kurdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com