Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pidato Terkait Masalah ISIS, Obama Telepon Raja Arab Saudi

Kompas.com - 10/09/2014, 22:50 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Rabu (10/9/2014), menghubungi Raja Abdullah dari Arab Saudi menggunakan telepon dari ruang kerjanya di Gedung Putih sebelum memberikan pidato soal strategi AS menghadapi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Langkah Obama menghubungi Abdullah dari Ruang Oval itu menunjukkan posisi dan peran Arab Saudi sebagai anggota kunci koalisi internasional yang coba dibentuk AS untuk memerangi ISIS.

Hubungan telepon ini dilakukan sebelum Obama dijadwalkan memberikan pidato soal strategi menghadapi ISIS pada pukul 21.00 waktu AS atau sekitar pukul 09.00 WIB Kamis (11/9/2014).

Selain menghubungi Raja Abdullah, Obama juga mengumpulkan kabinet perangnya di Gedung Putih. Mereka yang hadir antara lain Wapres Joe Biden, Menhan Chuck Hagel, para komandan senior militer dan badan-badan intelijen negara itu.

Meski strategi AS menghadapi ISIS baru akan disampaikan Obama pada Rabu mala waktu AS, namun sejumlah media ternama negeri itu sudah mengabarkan strategi yang paling mungkin dilakukan AS.

Beberapa media papan atas AS mengabarkan salah satu strategi itu adalah Presiden Obama akan mengizinkan serangang udara terhadap target-target ISIS di Suriah. Selama ini serangan udara AS dilakukan secara terbatas di wilayah utara Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com