Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Ukraina dan Pemberontak Sepakati Gencatan Senjata

Kompas.com - 05/09/2014, 23:36 WIB

MINSK, KOMPAS.com - Pemerintah Ukraina dan kelompok pemberontak pro-Rusia, Jumat (5/9/2014), telah menandatangani kesepakatan gencatan senjata untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung hampir lima bulan.

Kedua pihak yang mengadakan perundingan di ibu kota Belarusia, Minsk, setuju untuk memulai gencatan senjata pukul 15.00 GMT atau 22.00 WIB.

Presiden Petro Poroshenko mengatakan ia akan melakukan semua hal yang mungkin dilakukan untuk menghentikan pertumpahan darah.

Sementara itu, kelompok pemberontak mengatakan gencatan senjata ini tidak mengubah kebijakan mereka untuk memisahkan diri dari Ukraina.

Lebih dari 2.600 orang telah meninggal sejak pemberontak menyerbu beberapa kota di sebelah timur.

Tindakan ini mendorong adanya operasi militer oleh pasukan Ukraina untuk mengambil kembali kota-kota tersebut.

Para pemberontak yang sebagian besar sudah dipukul mundur ke daerah kekuasaan mereka di Donestk dan Luhansk, melakukan penggempuran baru belakang ini.

Sementara itu dalam pertemuan puncak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang berlangsung di Wales, Inggris Raya, NATO memutuskan akan membentuk pasukan "pelopor" multinasional yang dapat dikerahkan dalam 48 jam sebagai tanggapan atas krisis di Ukraina dan Timur Tengah.

Di samping itu, Uni Eropa dan Amerika Serikat akan mengumumkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia dengan menargetkan sektor perbankan, energi dan pertahanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com