Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Asli Amazon Serang Para Pembalak Liar

Kompas.com - 05/09/2014, 18:35 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Masyarakat adat di wilayah Amazon di Brasil memutuskan 'main hakim sendiri' dengan mengusir para penebang kayu ilegal dari tanah adat mereka. Aksi ini dilakukan setelah warga Amazon menuduh pemerintah tidak mampu melindungi mereka.

Kantor berita Reuters mengabarkan kelompok suku adat Ka'apor mengikat para pembalak dan membakar truk serta gergaji mereka sebelum mengusir mereka. Kayu yang ditemukan juga dihancurkan.

Suku Indian Ka'apor merupakan pemilik sah tanah di wilayah itu bersama dengan empat suku adat lainnya. Kelima suku asli Amazon itu mengatakan mereka sudah bosan menunggu pemerintah bertindak guna menghentikan penebangan liar.

Seorang pemimpin suku Ka'apor, Irakadju, kepada wartawan kantor berita Reuters mengatakan dia meminta bantuan tentara ketika berada di kawasan mereka tahun lalu namun para tentara itu justru pergi.

"Kami lelah menunggu pemerintah," tegasnya dan para perambah hutan itu juga memukuli para orang tua dan menembak tiga warga dengan salah seorang dari mereka yang terluka sempat sekarat.

Kelompok masyarakat adat juga mendirikan kamp-kamp pemantauan untuk mencegah para penebang gelap kembali ke sana. Insiden di wilayah masyarakat adat di negara bagian Maranhao di daerah timur laut Brasil itu terjadi bulan lalu tapi baru dilaporkan sekarang.

Badan masyarakat adat Brasil, Funai, telah meminta agar keamanan diperketat di wilayah masyarakat Indian Alto Turiacu untuk mencegah terjadinya pertikaian dengan kekerasan. Wilayah-wilayah masyarakat adat di seluruh hutan Amazon memang sering kali diduduki para penebang hutan dan pencari emas ilegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com