Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 31 Orang Tewas akibat Ebola di RD Kongo

Kompas.com - 02/09/2014, 20:34 WIB
KINSHASA, KOMPAS.com — Wabah ebola di Republik Demokratik Kongo telah menewaskan 31 orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (2/9/2014), mengatakan, wabah ini masih terkonsentrasi di wilayah barat laut yang terisolasi.

"Sudah 31 orang tewas. Wabah ini masih terkonsentrasi di wilayah berjarak 800 kilometer dari ibu kota Kinshasa," kata Eugene Kambambi, juru bicara WHO di Kongo.

Sejumlah pejabat kesehatan Kongo sebelumnya menyebut 13 orang meninggal dunia sejak 11 Agustus lalu di sekitar kota Boende yang terisolasi dan dikelilingi hutan belantara di provinsi Equateur.

Kambambi berbicara lewat telepon dari kota Mbandaka, ibu kota provinsi Equateur, ditemani Menteri Kesehatan Feix Kabange Numbi dan perwakilan WHO di Kongo, Joseph Cabore.

Mereka dijadwalkan mengunjungi Boende pada Selasa (2/9/2014) yang menjadi pusat wabah ebola di negeri itu.

Kambambi menambahkan, sebanyak 53 orang dipastikan tertular atau terduga tertular virus mematikan itu. Sementara 185 orang lainnya di bawah pengawasan medis karena mengaku membuat kontak dengan pasien ebola.

Pemerintah Kongo pada 25 Agustus lalu mengumumkan negeri itu menghadapi wabah ebola ketujuh setelah penyakit itu ditemukan di negeri yang dulu bernama Zaire itu.

Kementerian Kesehatan Kongo mengatakan, tak ada kaitan wabah ebola yang menyapu Afrika barat dan menewaskan lebih dari 1.500 orang dengan wabah yang muncul di negeri itu. Alasannya, sejauh ini tidak pernah ada kontak antara negara-negara Afrika barat dengan kota Boende. WHO juga memiliki pendapat yang sama dengan Pemerintah Kongo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com