Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak dan Kurdi Terus Tekan Pasukan ISIS

Kompas.com - 01/09/2014, 22:24 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Irak, Kurdi dan milisi Syiah yang didukung serangan udara AS melanjutkan serangan balik mereka terhadap ISIS, Senin (1/9/2014), yang dipicu kesuksesan menembus blokade ISIS di kota Amirli dan merebut kembali kota Sulaiman Bek.

Keberhasilan memasuki kota Amirli pada Minggu (31/8/2014), merupakan kemenangan terbesar pasukan Irak sejak ISIS menyapu wilayah utara Irak pada Juni lalu.

Amerika Serikat membantu dengan menggelar serangan udara terbatas di wilayah itu, yang merupakan serangan pertama di luar wilayah Kurdi yang sudah dilakukan selama tiga pekan.

Momentum kesuksesan menembus kota Amirli dijaga setelah pasukan Peshmerga Kurdi dan milisi Syiah merebut kota Sulaiman Bek, yang terletak di sebelah utara Amirli.

"Dalam beberapa jam kami berhasil membersihkan kota itu," kata komandan milisi Syiah Badr, Hadi al-Ameri.

Para pejuang Kurdi dan Syiah merayakan kemenangan di kota yang ditinggalkan ISIS itu. Mereka menembakkan senapan ke udara, meneriakkan slogan anti-ISIS dan memamerkan bendera hitam ISIS yang berhasil direbut.

Sementara itu, pasukan Irak yang didukung Peshmerga dan milisi Syiah kini mengepung kota Yankaja yang juga dikuasai ISIS. Pasukan gabungan ini menghujani kota dengna tembakan artileri dan senapan mesin saat berupaya merebut kota itu dari tangan militan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com