Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Maskapai Australia Izinkan Penggunaan Ponsel di Pesawat Terbang

Kompas.com - 26/08/2014, 09:25 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Qantas Airways dan Virgin Air, dua maskapai penerbangan besar asal Australia, akan memperbolehkan penggunaan telepon seluler dan tablet pada penerbangan domestik dan internasional. Izin ini mulai diterapkan pada Selasa (26/8/2014) sore.

Hingga saat ini, para penumpang pesawat terbang diminta untuk mematikan telepon seluler dan tablet mereka dengan alasan keselamatan.

Qantas dan Virgin telah meminta persetujuan dari Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia (CASA) untuk mengubah izin tersebut.

Kedua maskapai tersebut telah mendapatkan izin. Beberapa maskapai penerbangan lainnya pun akan mengikuti untuk mengubah soal penggunaan telepon seluler dan tablet.

Juru bicara CASA, Peter Gibson, mengatakan, perkembangan teknologi telah mengubah aturan ini. "Kini pesawat dirancang dan dibuat dengan interferensi elektromagnetik," ujar Gibson. "Jadi para penumpang bisa membiarkan peralatan elektronik, seperti laptop, telepon genggam, tablet, dari pintu ke pintu."

"Untuk laptop, tetap saja harus dalam keadaan tertutup, tidak digunakan saat lepas landas dan mendarat karena risiko adanya turbulensi (guncangan saat terbang)," tambah Gibson.

Kepala Teknis dari Qantas, Alan Milne, mengatakan, perubahan peraturan ini akan berlaku pada Selasa mulai pukul 15.00 waktu Australia timur.

Namun, saat pintu pesawat dalam keadaan tertutup, gadget-gadget elektronik ini harus dalam keadaan in flight mode. "Tidak ada sinyal di atas sana, jadi tidak alasan untuk menyalakan sinyal," ujarnya. "Tetapi, para penumpang masih bisa menulis e-mail atau SMS yang kemudian dikirim setelah mendarat," kata Gibson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com