Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2014, 10:55 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Jenazah 20 korban pesawat MH17 yang jatuh di Ukraina pada Juli lalu dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur, Jumat (22/8/2014), seiring dengan digelarnya hari berkabung nasional di Malaysia.

Sebuah pesawat carter yang memuat jenazah berangkat dari Amsterdam dan direncanakan mendarat di Kuala Lumpur pada Jumat sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Bendera nasional Malaysia akan dikibarkan setengah tiang di seluruh negara tersebut dan satu menit mengheningkan cipta akan digelar.

Penerbangan MH17 diyakini jatuh karena rudal yang ditembak oleh pemberontak pro-Rusia. Namun, para pemberontak membantah klaim tersebut.

Di bandara Kuala Lumpur, pesawat dari Belanda tersebut rencananya akan disambut oleh pejabat senior Pemerintah Malaysia.

Peti jenazah kemudian akan dimasukkan ke dalam mobil jenazah oleh personel militer sebelum diserahkan kepada keluarga korban untuk dimakamkan.

Investigasi terhambat

Ini adalah kali pertama Malaysia mengadakan hari berkabung nasional untuk korban sipil. Sebelumnya, berkabung nasional hanya diadakan untuk keluarga kerajaan dan kepala pemerintahan.

Dalam penerbangan tersebut, 43 orang adalah warga negara Malaysia.

Sejauh ini 28 korban Malaysia telah diidentifikasi di Belanda yang memimpin penyelidikan internasional atas tragedi di Ukraina timur tersebut.

Namun, penyelidikan terhambat karena pertempuran antara pasukan Pemerintah Ukraina dan pemberontak pro-Rusia di dekat lokasi kecelakaan.

Seluruh 298 penumpang dan awak dalam penerbangan Malaysia Airlines Boeing 777 tersebut tewas tanggal 17 Juli lalu. Lebih dari 200 peti jenazah sejauh ini telah dibawa ke Belanda dari Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com