Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Negara Paling Berbahaya bagi Wartawan

Kompas.com - 21/08/2014, 08:01 WIB
NEW YORK, KOMPAS.COM - Pembunuhan James Foley, yang diduga dilakukan milisi ISIS atau Negara Islam setelah penculikannya di Suriah pada tahun 2012, memusatkan perhatian berbagai pihak terhadap bahaya meliput pada suatu negara.

Suriah adalah tempat paling berbahaya di dunia bagi wartawan dalam lebih dua tahun ini, menurut Komite Perlindungan Wartawan (CPJ), kelompok kebebasan pers yang bermarkas di New York.

Paling tidak 69 wartawan tewas akibat langsung meliput konflik Suriah sejak konflik mulai terjadi tahun 2011, lapor CPJ. Sebagian besar menjadi korban tembak-menembak atau ledakan, lapor wartawan BBC Mark Doyle.

Paling tidak enam wartawan dipastikan secara sengaja dibunuh.

Pembunuhan ini memperlihatkan bukan hanya bukti luasnya kekerasan di Suriah, tetapi juga betapa bahayanya tempat itu bagi para penyiar dan wartawan.

Ini juga disebabkan sifat konflik itu sendiri dengan perubahan keberpihakan dan ideologi.

Suriah memang contoh sangat dramatis tentang bagaimana perang dan jurnalisme perang berubah dalam beberapa tahun terakhir pada berbagai tempat di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com