Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Singapura di Batam Diminta Tidak Berisik

Kompas.com - 20/08/2014, 15:58 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com — Orang-orang Singapura yang bepergian ke Pulau Batam diperintahkan untuk bersikap tenang ketika antre di ruang imigrasi atau mereka akan dipulangkan.

Harian Straits Times melaporkan adanya beberapa petunjuk bergambar jari di bibir terpampang baru-baru ini di dalam ruang imigrasi di terminal kapal feri Batam Centre.

Sejumlah wisatawan mengatakan, mereka diperintahkan untuk naik feri berikutnya dan kembali ke Singapura jika kedapatan mengobrol di antrean.

Laporan lainnya mengatakan, sedikitnya 50 warga Singapura dipulangkan setiap pekan karena dianggap membuat kegaduhan.

"Saya berada di sana untuk liburan. Mengapa saya tidak bisa membuka mulut saya? Saya hanya mengobrol dengan teman saya," kata salah satu turis Singapura yang ditolak masuk kepada Straits Times.

Wisatawan lainnya mengatakan, dia melihat seorang perempuan diminta kembali lagi ke Singapura meskipun seluruh keluarganya sudah diperbolehkan masuk Batam.

Seorang warga negara Singapura menulis di Twitter, "Kami dimarahi! Mereka pikir mereka mengelola perpustakaan."

Kasi Unit B Imigrasi Batam, Pelabuhan Batam Centre, Irwanto Suhaili, mengatakan, suasana tenang ini dibutuhkan untuk menjaga ketertiban dan memastikan wisatawan dapat mendengar semua instruksi petugas.

Wisata dari Singapura ke Pulau Batam yang berjarak satu jam ini populer di antara warga Singapura yang ingin berwisata dan kembali pulang pada hari yang sama.

Harga tiket pergi-pulang bernilai sekitar 45 dollar Singapura atau setara dengan Rp 423.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com