Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Kepolisian Libya Tewas Ditembak

Kompas.com - 12/08/2014, 21:50 WIB
TRIPOLI, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Libya Kolonel Mohammad al-Suissi tewas ditembak orang tak dikenal di pinggiran ibu kota Tripoli, Selasa (12/8/2014).

"Kolonel Al-Suissi dibunuh sekelompok orang bersenjata yang mengenakan topeng. Mereka juga menculik dua orang yang bersama Kolonel Al-Suissi," kata sumber keamanan Libya yang tak mau disebutkan namanya.

Al-Suissi baru saja menghadiri sebuah pertemuan dewan masyarakat Tajura di pinggiran Tripoli saat diserang dalam perjalanan pulang ke pusat kota.

Kantor berita Libya LANA membenarkan kabar serangan itu dan mengabarkan Kolonel Al-Suissi meninggal dunia tak lama setelah tiba di sebuah klinik tak jauh dari lokasi penembakan.

Sejauh ini belum ada satu kelompokpun yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Kolonel Al-Suissi.

Sejak diktator Moammar Khadaffy jatuh pada 2011, pemerintahan sementara Libya gagal mengembalikan keteraturan dan keamanan di negeri itu sehingga anarki dan kekerasan semakin sering terjadi.

Pemerintah tak berhasil mencegah milisi-milisi bersenjata yang dibentuk para pemberontak yang ikut menumbangkan Khadaffy. Milisi-milisi bersenjata ini tersebar di berbagai lokasi di Libya.

Meski serangan terhadap para perwira militer dan kepolisian kerap terjadi di kota Benghazi, namun serangan semacam ini nyaris tak pernah terjadi di Tripoli.

Pembunuhan kepala kepolisian itu terjadi di saat bentrokan antarmilisi di ibu kota Libya tersebut yang berlangsung di bandara internasional kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com