Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon: Serangan Udara AS Belum Lemahkan ISIS

Kompas.com - 12/08/2014, 19:23 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Serangkaian serangan udara Amerika Serikat pekan lalu terhadap pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memang memperlambat gerak maju kelompok ini namun belum membuat ISIS lemah. Demikian keterangan Pentagon, Senin (11/8/2014).

"Kami menilai serangan udara di Irak utara memperlambat gerak maju ISIS dan untuk sementara waktu mengganggu rencana mereka menyerang Arbil," kata Letnan Jenderal William Mayville Jr, seorang pejabat senior Pentagon.

"Namun, serangan udara ini nampaknya belum mempengaruhi kemampuan militer ISIS atau operasionalnya di wilayah lain di Irak dan Suriah," tambah Mayville.

Mayville menambahkan, ISIS yang menyapu wilayah utara Irak dalam sebuah serangan kilat yang menakjubkan pada Juni lalu masih memberikan ancaman nyata.

Pemerintah AS pekan lalu mengatakan akan terus melanjutkan serangan udara untuk melindungi personel AS yang ditempatkan di Arbil dari ancaman ISIS.

Selain itu, serangan udara digelar untuk memastikan warga minoritas Yazidi yang saat ini mengungsi di pegunungan tidak menjadi sasaran kekerasan sistematis yang dilakukan ISIS.

Sejauh ini AS sudah menggelar 15 kali serangan udara yang merupakan operasi militer pertama AS di Irak sejak pasukan AS ditarik mundur dari negeri itu pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com