Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejuang Kurdi Selamatkan Etnis Yazidi dari Buruan ISIS

Kompas.com - 07/08/2014, 22:44 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Sejumlah keluarga etnis Yazidi yang bersembunyi di pegunungan dari kejaran pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil lolos dengan menggunakan "jalan aman" yang disediakan pejuang Kurdi Turki untuk mencapai wilayah Suriah.

"Kami membuka jalan aman untuk melindungi warga Sinjar dan kami mulai membantu mereka masuk ke wilayah Kurdistan Barat," ujar Juru Bicara Partai Pekerja Kurdi (PKK) Bakhtiar Dogan.

Kurdistan Barat yang disebut Dogan adalah wilayah yang dikuasai separatis Kurdi di kawasan utara Suriah yang berbatasan dengan Irak dan Turki.

"Kami sempat terlibat baku tembak dengan pasukan ISIS beberapa kali dan kami siap terus bertempur untuk melindungi rakyat kami," tambah Dogan tanpa merinci jumlah keluarga Yazidi yang diselamatkan.

Sementara itu, Pemerintah Turki menyatakan, sedikitnya 800 orang warga etnis Yazidi sudah memasuki wilayah negeri itu sejak Rabu (6/8/2014).

Para pengungsi Yazidi ini kemudian ditampung Pemerintah Turki di sebuah kompleks permukiman yang ditujukan untuk korban gempa di kota Silopi dekat perbatasan Irak.

Etnis Yazidi sudah mendiami kawasan Sinjar dan sekitarnya di Provinsi Nineveh, Irak, sejak ribuan tahun lalu. Kepercayaan mereka berakar dari agama Zoroaster yang dianggap ISIS sebagai pemujaan terhadap setan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com