Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kejaran ISIS, Etnis Yazidi Masuk ke Wilayah Turki

Kompas.com - 07/08/2014, 18:39 WIB
ANKARA, KOMPAS.com — Ratusan warga etnis minoritas Yazidi yang kabur dari kampung halamannya yang diduduki Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini menuju ke wilayah Turki.

Serangan sepanjang akhir pekan lalu yang dilakukan ISIS berhasil menguasai wilayah luas di Irak utara, termasuk kota Sinjar, yang mayoritas penduduknya adalah etnis Yazidi.

Akibatnya, terjadi eksodus besar-besaran etnis Yazidi ke wilayah pegunungan. Kementerian Luar Negeri Turki menyebut eksodus etnis Yazidi ini sebagai sebuah tragedi kemanusiaan.

"Tak mungkin Turki mengabaikan masalah ini. Kami akan memenuhi tanggung jawab kami," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Turki, Kamis (7/8/2014).

Seorang pejabat tinggi Turki lainnya yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, sejak Rabu (6/8/2014), ratusan orang etnis Yazidi sudah memasuki wilayah Turki.

"Mereka ditampung pemerintah lokal di sebuah kompleks perumahan yang disediakan untuk korban gempa di kota Silopi dekat dengan perbatasan Irak," ujar pejabat itu.

Puluhan ribu warga etnis Yazidi kabur ke pegunungan setelah pasukan ISIS menguasai kota Sinjar. Para pejuang ISIS memaksa warga Yazidi untuk memeluk Islam atau menghadapi konsekuensi terburuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com