Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tanpa Awak Mengebom Markas ISIS di Mosul

Kompas.com - 07/08/2014, 12:29 WIB


BAGHDAD, KOMPAS.com
- Puluhan orang tewas karena serangan udara di Kota Mosul, Irak bagian utara, yang saat ini dikuasai kelompok Daulah Islamiyah bentukan ISIS (Islamic State of Iraq and Syam).

Salah satu laporan menyatakan, paling tidak 30 orang tewas setelah pesawat tidak berawak menjatuhkan bom di sebuah penjara yang dipakai Daulah Islamiyah sebagai markas.

Sementara televisi pemerintah Irak mengatakan 60 orang yang diduga anggota milisi tewas. Sedangkan televisi Al-Jazeera melaporkan sekitar 70 korban tewas.

Daulah Islamiyah menguasai Mosul sejak bulan Juni saat serangan kelompok jihadis tersebut merebut wilayah Irak utara dan barat dari pemerintah.

Kelompok ISIS juga menyerang Kota Sinjar akhir pekan lalu yang didiami kelompok minoritas keagamaan Yazidi. Kelompok Yazidi yang berjumlah sekitar 50.000 orang melarikan diri ke pegunungan dengan membawa sedikit air dan makanan.

Sebelumnya, komandan Peshmerga memperingatkan 50.000 anggota kelompok minoritas keagamaan Yazidi terjebak di pegunungan di bagian barat akan meninggal jika tidak segera diselamatkan.

Pasukan Kurdi Peshmerga sempat melancarkan perlawanan dan terjadi kontak tembak di timur Mosul pada Rabu. Komandan Peshmerga, Jabbar Yawar, mengatakan banyak orang telah tewas, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.(Willy Widianto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com