Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekrit Putin Untuk Balas Sanksi AS dan Eropa

Kompas.com - 07/08/2014, 03:24 WIB
MOSKOW, KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin, sudah melarang atau membatasi impor pertanian dari negara-negara yang menerapkan sanksi ke Rusia terkait krisis Ukraina.

Dalam dekritnya, dia menetapkan langkah tersebut - yang juga diterapkan pada impor pangan- diberlakukan selama satu tahun.

Departemen-departemen pemerintah diminta untuk memberikan daftar dari produk yang menjadi subyek dekrit.

Rusia sebelumnya pernah memberlakukan larangan impor dari negara lain namun dengan alasan kesehatan masyarakat umum.

Dekrit yang dikeluarkan Rabu 6 Agustus ini tidak menyebutkan secara tegas negara-negara sasaran namun Amerika Serikat dan Uni Eropa beberapa waktu belakangan meningkatkan sanksinya atas Rusia.

Brussel -pusat pemerintahan Uni Eropa- sudah memperluas sanksi dari terhadap individu-individu yang dekat dengan Putin hingga ke sektor ekonomi.

Rusia membeli buah dan sayur dari Uni Eropa dengan nilai 2 miliar euro per tahun sementara impor pangan serta produk pertanian dari Amerika Serikat senilai 1 miliar euro.

Sanksi atas Rusia terkait dengan dukungannya atas kelompok pemberontak di timur Ukraina, dan ditingkatkan oleh negara-negara Barat setelah kelompok pemberontak menembak Klik jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17.

Seluruh 298 penumpang dan awak di dalam pesawat tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com