Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Kejaran ISIS, 40 Anak-anak Etnis Yazidi Tewas

Kompas.com - 05/08/2014, 17:49 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Badan PBB urusan anak-anak, UNICEF, Selasa (5/8/2014), mengatakan, 40 anak-anak etnis minoritas Yazidi dikabarkan tewas setelah ribuan warga etnis ini mengungsi setelah pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merebut kota Sinjar, Irak.

"Berdasarkan laporan resmi yang diterima UNICEF, anak-anak etnis minoritas Yazidi tewas sebagai konsekuensi langsung kekerasan, kehilangan tempat tinggal, dan dehidrasi dalam dua hari terakhir ini," demikian pernyataan UNICEF.

Pada Minggu (3/8/2014), pasukan Negara Islam yang sebelumnya adalah organisasi ISIS, merebut kota Sinjar yang sebelumnya dikuasai pasukan etnis Kurdi, Peshmerga.

Kota yang terletak di dekat perbatasan dengan Suriah itu merupakan pusat etnis Yazidi Irak, sebuah komunitas yang memeluk kepercayaan tradisional Zoroaster yang oleh ISIS dianggap sebagai penyembah setan.

Sebelum direbut ISIS, kota Sinjar merupakan salah satu tujuan pengungsian warga etnis minoritas lainnya seperti etnis Syiah Turkmen yang meninggalkan kota Tal Afar yang direbut ISIS pada 9 Juni lalu.

Direbutnya kota Sinjar membuat ratusan ribu penduduknya panik dan memilih kabur meninggalkan kediaman mereka menuju pegunungan meski sebagian besar dari mereka tidak membawa perbekalan yang memadai.

"Ribuan keluarga yang meninggalkan Sinjar membutuhkan bantuan secepatnya, termasuk 25.000 anak-anak yang kini telantar di kawasan pegunungan di sekitar kota itu. Mereka dalam kondisi kritis dan membutuhkan batuan termasuk air minum dan sanitasi," tambah UNICEF.

Foto-foto yang diunggah warga Yazidi ke internet menunjukkan warga berdesakan di goa-goa yang banyak terdapat di wilayah pegunungan Sinjar.

Para pemimpin etnis Yazidi dan para pegiat HAM mengatakan, keberadaan etnis Yazidi yang sudah beberapa ribu tahun mendiami kawasan itu terancam akibat kekerasan dan terusir dari tanah nenek moyang mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com