Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir: Israel-Palestina Akan Setujui Gencatan Senjata

Kompas.com - 05/08/2014, 02:42 WIB
Hindra Liauw

Penulis

Sumber Reuters

KAIRO, KOMPAS.com - Mesir mengatakan, pihaknya memeroleh indikasi bahwa faksi Israel dan Palestina akan menerima gencatan senjata di Gaza selama 72 jam yang dimulai pada Selasa (5//2014) pukul 05.00 GMT. Demikian disampaikan dua sumber diplomatik di Mesir.

"Mesir menerima indikator yang sangat kuat terkait persetujuan semua pihak atas gencatan senjata selama 72 jam, mulai pukul 05.00," kata sumber tersebut.

"Ada banyak lagi delegasi yang tiba di Kairo secepatnya untuk terlibat dalam inisiasi Mesir, yang bertujuan menghentikan pertumpahan darah melalui perjanjian gencatan senjata yang komprehensif," sambungnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Senin (4/8/2014), kembali menegaskan operasi militer ke Jalur Gaza tidak akan dihentikan hingga perdamaian jangka panjang bisa tercapai.

"Operasi militer di Gaza akan berlanjut. Operasi ini hanya akan selesai bila ketenangan dan keamanan untuk rakyat Israel tercapai untuk jangka panjang," kata Netanyahu saat mengunjungi pasukannya di wilayah selatan Israel.

Operasi militer Israel dimulai pada 8 Juli lalu dengan rangkaian serangan udara, lalu dilanjutkan serangan darat yang dimulai pada 17 Juli dengan tujuan untuk menghancurkan jaringan terowongan yang digunakan untuk melakukan serangan antar-perbatasan.

"Apa yang akan segera berakhir adalah urusan IDF (Angkatan Darat) dengan terowongan," tambah Netanyahu tanpa memberikan rincian.

Akhir pekan lalu, Netanyahu mengatakan, Angkatan Darat Israel akan menghancurkan terowongan-terowongan terlebih dahulu sebelum meningkatkan operasi ke fase baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com