Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Bawa 110 Warganya Keluar dari Libya

Kompas.com - 04/08/2014, 13:36 WIB
KOMPAS.com - Inggris membawa 110 warganya keluar dari Libya yang tengah terlanda perang saudara kembali. Warta Reuters pada Senin (4/8/2014), para warga tersebut diangkut menggunakan kapal perang HMS Enterprise. Saat ini, kapal perang itu sudah merapat di Malta.

Duta Besar Inggris untuk Libaya Michael Aron mengatakan melalui Twitter dari jumlah warga tersebut ada 30 orang anak-anak, 12 bayi, 4 perempuan hamil, dan 1 orang berusia lanjut. Äda juga warga yang tengah mengalami sakit,"katanya.

Inggris, menurut Aron, membawa pulang seluruh warganya dari Libya lantaran makin memburuknya situasi di negara Afrika Utara tersebut. Pertempuran makin marak di Tripoli dan Benghazi. Pasukan pemerintah berhadapan dengan mantan kelompok bersenjata. Kedua pihak, sejatinya, sama-sama berjuang menumbangkan rezim Moammar Khadafy pada 2011 silam.

Kelompok perlawanan bergabung dengan brigade tempur bersenjata dari Misrata dan Zintan menghabiskan waktu tiga minggu untuk menguasai Bandar Udara Tripoli. Pada pertempuran kemarin, Minggu (3/8/2014), 20 orang tewas.

Pada pekan lalu, Inggris melalui Kantor Kementerian Luar Negeri sudah mengumumkan bahwa Kedutaan Besar Inggris di Libya pindah ke Tunisia. Sebelum Inggris, Kedubes AS, PBB, dan negara-negara Eropa lainnya sudah memindahkan staf mereka dari Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com