Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Serangan ke Sekolah di Gaza adalah Kebiadaban Moral

Kompas.com - 04/08/2014, 07:42 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan, serangan ke dekat sebuah sekolah PBB di Gaza sebagai "kebiadaban moral" dan "tindakan kriminal".

Ban mengatakan, pelanggaran terang-terangan atas hukum internasional itu berarti mereka yang melakukannya akan dituntut pertanggungjawaban. "Kegilaan ini harus dihentikan," tegas Ban dalam pernyataannya.

Serangan di Rafah itu mengenai gerbang masuk sekolah, yang menjadi tempat penampungan ribuan warga Palestina yang mengungsi dari perang Israel-Hamas.

Israel sudah membantah menyerang sekolah itu, tetapi mengatakan ada pertempuran di sekitar sekolah.

Juru bicara Pemerintah Israel, Mark Regev, mengatakan, jika militan Hamas membuat sekolah menjadi kawasan perang maka mereka yang harus dimintai pertanggungjawaban.

Kementrian Kesehatan Gaza mengatakan, sedikitnya 30 orang tewas pada Minggu, 3 Agustus. Sementara militan Hamas terus menembakkan roket ke wilayah Israel.

Sejak Israel melancarkan operasi militer pada 8 Juli lalu, sekitar 1.750 warga Palestina tewas—sebagian besar warga sipil—dengan lebih dari 9.000 orang cedera.

Di kubu Israel, 66 orang tewas, termasuk Letnan Dua Hadar Goldin yang sudah dikukuhkan tewas setelah diculik militan pada Jumat, 1 Agustus.

Seorang juru bicara militer Israel, Letkol Peter Lerner, mengatakan, misi akan diteruskan dengan operasi pasukan darat.

Laporan-laporan menyebutkan, mereka mendekati tercapainya tujuan utama untuk menghancurkan terowongan bawah tanah yang digunakan militan Hamas untuk menyerang Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com