Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Der Spiegel: Israel Mata-matai Menlu AS John Kerry

Kompas.com - 04/08/2014, 05:32 WIB
Hindra Liauw

Penulis

Sumber Reuters

BERLIN, KOMPAS.com - Majalah berbahasa Jerman, Der Spiegel, memberitakan bahwa Israel, dan juga satu agen intelijen lainnya, memata-matai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry ketika ia menggelar negosiasi perdamaian dengan berbagai pemimpin di Timur Tengah pada tahun 2013. Agen intelijen itu dilaporkan mendengarkan pembicaraan telepon Kerry yang tidak diamankan.

Majalah tersebut mengatakan, informasi ini disampaikan "beberapa sumber di lingkaran (orang dalam) badan intelijen." Selain saluran telepon yang tidak diamankan, Kerry dikatakan memiliki jalur komunikasi yang terlindungi di tempatnya menginap di Georgetown. Saluran telepon yang tidak diamankan biasanya digunakan ketika Kerry bepergian.

"Banyak percakapan-percakapan yang menggunakan satelit yang didengarkan oleh dua agen intelijen, termasuk Israel," kutip majalah tersebut.

"Sangat mungkin Rusia dan China juga turut mendengarkan (percakapan) itu," tambahnya.

Majalah itu mengatakan, Israel pun kerap mengetahui secara pasti apa yang dibicarakan Kerry kepada pihak lain. Kerry, lanjutnya, sadar akan risiko ini.

Terkait hal ini, baik Israel maupun AS tidak berkomentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com