Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Anak-anak Berenang Bersama Buaya, Organisasi Amal Dikecam

Kompas.com - 01/08/2014, 17:42 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Memperkenalkan anak-anak dengan hewan adalah hal yang baik. Namun, apakah membiarkan anak-anak berenang bersama buaya adalah bagian dari cara memperkenalkan dunia hewan?

Organisasi amal perlindungan hewan Safari Sanctuary di Broken Arrow, Oklahoma, AS dikecam setelah mengajak anak-anak berenang bersama buaya sebagai bagian dari salah satu program "Kebun Binatang datang ke Tempat Anda".

Sebagai bagian dari rencana itu, Safari Sanctuary ingin memperkenalkan langsung hewan-hewan yang selama ini hanya bisa dilihat di kebun binatang kepada anak-anak, termasuk beberapa hewan buas misalnya buaya.

"Program ini merupakan cara terbaik untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang manfaat jika hewan-hewan ini dilindungi, mengapa hewan ini perlu dilindungi, berapa biayanya, bagaimana pemeliharaannya dan cuaca yang diperlukan," kata seorang juru bicara Safari Sanctuary.

Manajemen kebun binatang menjamin program ini sangat aman bagi anak-anak sebab hewan-hewan itu sudah lama berada di kebun binatang sehingga sudah kehilangan kemampuan untuk berburu makanan.

"Selain itu moncong mereka juga diikat plester. Hewan-hewan ini terikat dan tak punya kekuatan," kata Lori Ensign-Scroggins dari Safari Sanctuary kepada stasiun televisi News 9.

Meski demikian, langkah Safari Sanctuary ini justru memicu kemarahan dari para orangtua dan kelompok pecinta hewan.

"Saya kira tak bertanggung jawab membiarkan hewan-hewan itu berada di situasi yang hampir sama dengan habitat aslinya. Mereka seharusnya ada di dalam perlindungan bukan berenang bebas dengan mulut diplester," kata Laura Gann-Hood, warga Oklahoma.

Beberapa warga bahkan menganggap pihak kebun binatang sudah melakukan eksploitasi terhadap hewan-hewan itu.

"Mengikat mulut hewan itu dan membiarkan mereka berenang dengan anak-anak adalah perilaku kekejaman terhadap hewan," kata Misty Richardson, warga lainnya.

Namun, tak sedikit yang mendukung program kebun binatang itu dengan alasan anak-anak yang ikut dalam acara berenang bersama buaya terlihat sangat menikmati pengalaman langka itu.

Sementara itu, Safari Sanctuary mengatakan sebagai sebuah organisasi amal yang fokus terhadap penyelamatan hewan, organisasi ini harus secara teratur mendapatkan dana.

Program berenang bersama buaya ini adalah salah satu cara organisasi itu mencari dana segar untuk menjamin operasional organisasi yang menampung lebih dari 200 ekor hewan itu bisa terus berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com