Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepasang Sarung Tinju Muhammad Ali Terjual Rp 4,5 Miliar

Kompas.com - 01/08/2014, 16:34 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com — Sepasang sarung tangan tinju yang dikenakan Muhammad Ali sewaktu menghadapi Joe Frazier pada 1971 lampau laku terjual 388.375 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar dalam sebuah acara lelang.

Pemenang lelang yang diadakan di Cleveland, Amerika Serikat, itu hingga kini dirahasiakan identitasnya.

Meski terbilang mahal, tetapi harga sarung tinju Ali tersebut masih kalah jauh jika dibandingkan dengan harga sepasang sarung tinju yang pernah dikenakan Ali saat pertama kali memenangi kejuaraan dunia. Sarung tinju termahal itu dihargai 836.500 dollar AS atau Rp 9,8 miliar.

Sarung tinju yang dikenakan Ali saat melawan Frazier sarat dengan nilai sejarah. Laga antara Ali dan Frazier kala itu dijuluki Fight of the Century atau "Pertarungan Abad Ini". Pada akhir pertandingan Frazier menaklukkan Ali dan menjadi juara tinju kelas berat dunia.

Namun, baku pukul kedua petinju tersebut belum berakhir. Dalam dua laga selanjutnya, yaitu pada 1974 dan 1975, Ali menundukkan Frazier sekaligus menguatkan predikatnya sebagai petinju terbaik sepanjang masa.

Pertarungan Ali melawan Frazer pada 1971 menjadi salah satu momen olahraga yang dikenang baik dalam aspek tinju maupun politik. Kala itu, semua gelar Ali dicopot karena dia menolak masuk wajib militer semasa perang Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com