Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Orang Tewas dalam Ledakan akibat Kebocoran Gas di Taiwan

Kompas.com - 01/08/2014, 09:12 WIB
TAIPEI, KOMPAS.COM — Kebocoran gas telah memicu serangkaian ledakan dasyat yang mengakibatkan sedikitnya 22 orang tewas dan 270 orang lainnya luka-luka di Kota Kaohsiung, Taiwan selatan. Ledakan itu juga menjungkirbalikkan sejumlah kendaraan dan membuat jalan raya terbelah, kata sejumlah pejabat negara itu, Jumat (1/8/2014).

Serangkaian ledakan itu memicu kebakaran hebat yang melumpuhkan distrik Cianjhen di kota itu, membuat warga yang ketakutan melarikan diri dari kobaran api.

"Ledakan pada Kamis malam menewaskan sedikitnya 22 orang dan menyebabkan 270 orang lainnya terluka," kata Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan. Badan itu menambahkan, korban cedera sedang dilarikan ke rumah sakit di seluruh kota pelabuhan tersebut.

Sejumlah saksi mata melaporkan, mereka melihat mayat-mayat berserakan di jalan-jalan, sementara api masih terus mengamuk pada Jumat pagi.

Ledakan-ledakan itu, diyakini telah dipicu oleh kebocoran gas, cukup kuat untuk menjungkirbalikkan sejumlah kendaraan dan membuat jalanan beraspal rusak. Satu ruas jalan bahkan terbelah dan menelan sejumlah truk pemadam kebakaran dan mobil.

"Saya melihat api membubung tinggi, sampai mungkin 20 lantai, setelah sebuah ledakan dan truk pemadam kebakaran dan mobil-mobil terpental sementara sekitar 10 mayat tergeletak di jalanan," kata seorang saksi mata, Johnson Liu, kepada AFP.

"Ledakan tersebut seperti guntur dan jalanan di depan toko saya terbelah. Rasanya seperti gempa bumi," lapor kantor berita Taiwan, Central News Agency, yang mengutip seorang saksi mata.


AFP Sejumlah mobil rusak, jalanan pun terbelah akibat ledakan keras yang dipicu oleh kebocoran gas di Taiwan, Kamis (31/7/2014) malam.
Penyebab pasti kebocoran gas itu masih belum jelas.

Warga terlihat mengakut mereka yang cedera dengan tandu-tandu darurat saat ambulans bergegas ke tempat kejadian dan para petugas pemadam dalam jaket kuning mulai memindahkan mayat-mayat dari daerah itu. Wali kota Kaohsiung, Chen Chu, sebelumnya menyebutkan korban tewas 15 orang dan badan pemadam kebakaran mengatakan empat petugasnya termasuk di antara mereka yang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com