Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Korupsi, Mantan Pejabat Keamanan China Diperiksa

Kompas.com - 29/07/2014, 21:02 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang mantan pejabat tinggi keamanan China, Zhou Yongkang, diselidiki dengan tuduhan 'pelanggaran disiplin yang serius'. Demikian dilaporkan media pemerintah, Selasa (29/7/2014).

Berita tersebut memastikan kabar burung yang sudah beredar luas selama beberapa bulan belakangan tentang nasib pejabat yang pernah amat berpengaruh itu.

Zhou yang pernah memimpin kementrian keamanan umum juga merupakan anggota komite Politbiro Partai Komunis China,yang bertugas mengambil keputusan-keputusan penting.

Dia merupakan pejabat tertinggi yang diselidiki sejak pemeriksaan terhadap apa yang disebut sebagai Kelompok Empat -yang mencakup istri pemimpin Mao Zedong- pada awal 1980-an.

Zhou Yongkang pensiun pada akhir 2012 ketika Xi Jinping mengambil alih jabatan pemimpin Partai Komunis dan Presiden China dari Hu Jintao.

Pemberantasan korupsi

Di bawah kepemimpinannya, Xi menerapkan berbagai langkah untuk memberantas korupsi di dalam partai dan memperingatkan korupsi bisa mengancam kelangsungan Partai Komunis China.

Sebelum Zhou pensiun, muncul seruan dari sejumlah politisi Klik agar Zhou Yongkang dipecat karena dianggap sebagai bagian dari gerakan 'kiri' yang berusaha menghidupkan kembali China seperti di bawah Mao Zedong.

Kantor berita pemerintah China, Xinhua, melaporkan penyelidikan atas Zhou akan dilaksanakan badan pengawas korupsi partai, Komisi Pusat Pengawasan Disiplin.

Beberapa individu yang diyakini memiliki hubungan dekat dengan Zhou juga menjadi sasaran penyelidikan korupsi dalam beberapa bulan belakangan.

Zhou Yongkang juga dilaporkan dekat dengan Klik Bo Xilai, seorang pejabattinggi partai di Chongging yang dihukum penjara tahun lalu lewat pengadilan yang oleh beberapa pihak dianggap kental dengan motif politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com