Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Kompas.com - 28/07/2014, 13:09 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyerukan gencatan senjata segera di Gaza, setelah baik Israel maupun Hamas tidak mengindahkan seruan perdamian pada pekan ketiga konflik tersebut.

Obama menelepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu (27/7/2014), dan mendesak agar gencatan senjata tanpa syarat segera dilakukan demi kemanusiaan.

Dalam pernyataannya, Obama juga menegaskan perlunya "kepastian pelucutan senjata terhadap kelompok-kelompok teroris dan demiliterisasi Gaza". Obama kembali menyatakan keprihatinannya atas meningkatnya jumlah warga sipil yang tewas baik di pihak Palestina maupun Israel.

Menurut sejumlah diplomat di PBB, Dewan Keamanan akan menggelar pertemuan untuk membicarakan situasi di Gaza pada Senin ini.

Sebuah rancangan deklarasi DK PBB yang diperoleh AFP menunjukkan lembaga PBB itu akan memutuskan untuk mendukung diberlakukannya "gencatan senjata segera dan tanpa syarat demi kemanusiaan, agar bantuan bisa segera dikirimkan."

Sementara itu media-media Israel melaporkan bahwa menteri-menteri bidang keamanan Israel menggelar rapat sejak Minggu malam hingga Senin untuk membicarakan langkah-langkah yang perlu diambil terkait Gaza.

Sementara itu, Israel kembali menggempur Gaza dengan serangan udara, laut, dan artileri setelah Hamas menyerang wilayah Israel dengan roket. Kedua pihak sempat patuh pada gencatan senjata 12 jam pada Sabtu (26/7/2014). Namun Hamas kemudian meluncurkan roket ke wilayah Israel dan Israel pun membalas dengan serangan baru pada Minggu.

Konflik bersenjata telah memakan seribu lebih jiwa warga Gaza. Israel pun kehilangan 43 tentara dan tiga warga sipilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com