Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fans Argentina Ogah Pulang Miskin

Kompas.com - 27/07/2014, 03:26 WIB
KOMPAS.com - Ribuan fans Timnas Argentina masih tinggal di Brasil demi menghindari perekonomian Argentina yang morat-marit. Menurut warta Daily Mail hari ini, ada sekitar 160.000 fans Argentina yang datang ke Brasil untuk menonton laga tim kesayangan mereka pada Piala Dunia 2014 sejak 12 Juni 2014 sampai dengan 13 Juli 2014.

Namun begitu, mayoritas dari mereka masih memilih tinggal di pantai-pantai di Brasil. Meski tak memunyai banyak uang, mereka memilih memulai hidup baru di Brasil.

Lucas Bazan Pontoni adalah salah satu dari antara mereka. Sejak sebulan tinggal di Rio de Janeiro ia hidup hemat dengan hanya mengonsumsi sup. Bagi seniman berusia 23 tahun itu Brasil adalah negeri yang menakjubkan. "Saya akan tinggal di Brasil,"katanya.

Menurut media lokal Brasil, kebanyakan dari warga Argentina itu berusia sekitar 20-an tahun. Kebanyakan dari mereka lelaki.

Pemerintah Brasil mulai khawatir banyak dari fans Argentina itu menuntut jatah sosial. Ada juga kerisauan para fans itu bakal menjadi pengemis di jalan-jalan kota di Brasil.

Miskin

Kenyataan menunjukkan Argentina mengalami krisis ekonomi yang buruk. Angka pengangguran pun menjulang.

Tahun ini pemerintah mendevaluasi mata uang peso. Ditambah dengan menanjaknya tingkat suku bunga pada Januari, daya beli konsumen di Argentina melorot. Padahal, daya beli itulah penyangga pilar ekonomi Argentina.

Sejatinya, Argentina sudah mulai pulih sejak krisis utang pada 2009. Rerata pertumbuhan ekonominya berada di kisaran 6,2 persen. Padahal, sebelum krisis, pertumbuhan ekonomi Argentina sempat menyentuh 10,9 persen.

Kuat dugaan, Argentina juga mengalami melonjaknya angka kemiskinan lebih dari lima persen. Meski, pemerintah memperkirakan angka kemiskinan di bawah lima persen.

Kenyataan inilah yang menjadi pertimbangan mayoritas fans itu emoh pulang kampung. Mereka cemas akan jatuh miskin di negeri sendiri.

Pada sisi lain, pemerintah Brasil juga punya kekhawatiran soal kehadiran fans Argentina itu menjadi beban ekonomi tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com