Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jet Perancis Mencari Pesawat Air Algerie

Kompas.com - 25/07/2014, 02:25 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Dua jet Perancis dikerahkan untuk mencari pesawat penumpang Air Algerie yang hilang pada Kamis (24/7/2014) pagi di atas Sahara.

Pemerintah Perancis mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan AH5017 menghilang dari radar ketika berada di atas kawasan Mali utara.

Kelompok militan Islam dan kelompok pemberontak aktif di kawasan tersebut. Namun, seorang pejabat senior Perancis meragukan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menembak jatuh pesawat, seperti yang menimpa pesawat Malaysia Airlines MH17, yang jatuh di Ukraina timur.

Pesawat yang mengangkut 116 orang ini (110 penumpang dan 6 awak) ini dalam penerbangan dari ibu kota Burkino Faso, Ouagadougou, menuju ibu kota Aljazair, Aljir.

Hampir separuh dari penumpang AH5017 adalah warga negara Perancis, seperti diinformasikan oleh para pejabat penerbangan.

Wartawan BBC di Ouagadougou mengatakan, pilot mengontak menara kontrol untuk mengubah lintasan penerbangan karena badai.

Seorang diplomat di ibu kota Mali, Bamako, mengatakan bahwa kawasan Mali utara dihantam badai yang sangat kuat pada Rabu malam hingga Kamis pagi.

Penyebab hilangnya pesawat Air Algerie belum diketahui. Namun, sejumlah pihak mengatakan bahwa ini adalah kabar buruk bagi industri penerbangan setelah MH17 jatuh di Ukraina pada pekan lalu dan pesawat TransAsia mengalami kecelakaan di Taiwan pada Rabu (23/7/2014).

Maret lalu, pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing dan hingga sekarang belum ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com