Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Tempat Sembunyi di Jalur Gaza

Kompas.com - 23/07/2014, 22:58 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.com — Jika Anda melihat peta Jalur Gaza maka hanya akan terlihat sebuah garis tipis di sepanjang pesisir laut Tengah. Ketiga sisi Jalur Gaza berbatasan langsung dengan Israel dan sisi keempatnya berbatasan dengan Mesir.

Seberapa sempitkah Jalur Gaza? Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi, saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, memberikan gambaran soal Jalur Gaza, beberapa hari lalu.

"Jalur Gaza hanya memiliki panjang 35 kilometer atau sekitar dari tempat ini (kantor Kedubes Palestina di Menteng) hingga ke bandara (Soekarno-Hatta). Lalu lebarnya hanya 10 kilometer, kira-kira dari Menteng ke Blok M," ujar Mehdawi.

Dengan luas yang lebih kurang hanya separuh dari Jakarta dengan penduduk hampir dua juta jiwa membuat Jalur Gaza menjadi salah satu tempat paling padat di dunia.

"Jadi, tak heran jika di mana pun Israel menjatuhkan bomnya, maka pasti ada korban tewas atau luka. Kami tak punya tempat bersembunyi," papar Mehdawi.

Sejatinya Jalur Gaza bukanlah sebuah wilayah atau kawasan. Tempat itu merupakan kamp pengungsi warga Palestina yang terusir dari kota-kota mereka yang kini berada di dalam wilayah Israel. "Mereka dulu berasal dari Haifa, Jaffa, dan kota-kota yang dicaplok Israel setelah perang 1948," kata Mehdawi.

Hidup di pengungsian merupakan kehidupan yang berat. Apalagi sejak 2005, Israel memblokade Jalur Gaza dari darat dan laut membuat kehidupan di Gaza semakin berat. "Akibat kondisi yang berat ini maka timbullah kemarahan warga yang kemudian memicu bentrokan dengan Israel," kata Mehdawi.

Apa yang terjadi di Jalur Gaza saat ini adalah hasil dari beratnya kehidupan yang memicu kekerasan. Situasi seperti ini akan terus berulang jika tak dicapai penyelesaian. "Dengan kondisi kami sekarang, kami tak mungkin mengalahkan militer Israel. Namun, Israel juga tidak mungkin mengusir atau membunuh kami semua," kata Mehdawi.

"Jadi kondisi seperti saat ini adalah sebuah kebuntuan dan tidak terselesaikan kecuali Israel menarik mundur pasukannya dan membiarkan kami mengelola Palestina dan kita bisa hidup bersama sebagai tetangga," tambah Mehdawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com