Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Rusia Harus Jamin Akses Tim Penyidik Malaysia Airlines MH17

Kompas.com - 21/07/2014, 23:14 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama mengatakan, saat ini tim investigasi internasional sudah berada di Ukraina untuk melakukan penyelidikian terkait tragedi Malaysia Airlines MH17 yang diduga jatuh karena misil yang dilepaskan pemberontak pro-Rusia.

"Kini yang mereka butuhkan adalah akses ke lokasi kecelakaan agar bisa menjalankan investigasi dengan benar dan transparan," ujar Obama.

Obama melanjutkan, Presiden Ukraina Petro Poroshenko sudah menetapkan kawasan demiliterisasi di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Namun, sayangnya separatis pro-Rusia masih terus menghalangi kerja para penyidik internasional.

"Separatis berulang kali menghalangi tim penyelidik. Saat tim mendekat, mereka melepaskan tembakan ke udara. Mereka juga memindahkan berbagai bukti dari lokasi jatuhnya pesawat. Pertanyaan mendasar kami adalah apa yang mereka sembunyikan?" tanya Obama.

Pemerintah Rusia, menurut Obama, memiliki pengaruh besar terhadap para separatis Ukraina ini. Dengan demikian, Rusia yang harus bertanggung jawab untuk "mengendalikan" mereka.

"Rusia mendukung mereka, melatih mereka, mempersenjatai mereka dengan persenjataan militer termasuk dengan senjata anti-serangan udara, bahkan pemimpin kunci separatis adalah warga Rusia," lanjut Obama.

Dengan demikian, Rusia, khususnya Presiden Putin, setidaknya harus bisa memaksa separatis Ukraina agar memberikan akses seluas-luasnya untuk penyelidikan. 

"Presiden Putin menyatakan mendukung tim investigasi internasional, sebuah pernyataan yang saya dukung. Namun, pernyataan itu harus diwujudkan dalam langkah nyata," Obama menegaskan.

Dia menambahkan, beban kini berada di pundak Rusia untuk mendesak separatis berhenti merusak bukti, menjamin penyelidik bisa bekerja di lokasi jatuhnya pesawat. Selain itu, kelompok separatis juga harus bertanggung jawab atas keselamatan anggota tim penyidik yang sedang bekerja.

Untuk mendukung lancarnya penyelidikan terhadap jatuhnya pesawat Malaysia Airlines ini, maka AS bersama para sekutunya akan membawa isu ini ke PBB. Isu yang akan dibawa AS bukan hanya terkait tragedi pesawat Malaysia Airlines, melainkan juga kasus di Ukraina secara keseluruhan.

"Jika Rusia terus mendukung separatis yang kini tak hanya membahayakan warga Ukraina, tetapi juga warga dunia, maka Rusia akan semakin terisolasi dari dunia internasional," Obama memperingatkan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com