Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Turki Sebut Kejahatan Israel Sudah Lampaui Hitler

Kompas.com - 20/07/2014, 05:31 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Sabtu (19/7/2014), melancarkan kecaman terhadap Israel terkait operasi militernya di Jalur Gaza yang sudah menewaskan lebih dari 300 orang itu.

Erdogan, yang menganggap dirinya sebagai pemimpin umat Muslim dunia yang menyuarakan hak-hak rakyat Palestina, melancarakan kecaman terhadap Israel menjelang pemilihan presiden yang akan digelar pada 10 Agustus mendatang.

"Israel tak punya hati nurani, tak punya kehormatan, tak punya kebanggaan. Mereka mengutuk Hitler siang malam namun kini mereka sudah melampaui Hitler dalam hal barbarisme," ujar Erdogan di hadapan pendukungnya di kota Ordu di pesisir Laut Hitam.

Sebelumnya, Erdogan sudah menyebut politisi sayap kanan Israel Ayelet Shaked memiliki mentalitas yang sama dengan Adolf Hitler, setelah politisi perempuan itu mengunggah komentar ke media sosial yang menyebut warga Palestina layak mati.

Erdogan sudah bersuara keras menentang operasi militer Israel di Jalur Gaza yang sudah memasuki hari ke-13 dan menewaskan lebih dari 300 orang yang sebagian besar adalah warga sipil Palestina.

Dia juga menuding Israel tengah melakukan genosida dengan membasmi warga Palestina dan mengabaikan perbaikan hubungan diplomatik dengan Israel yang rusak akibat serangan militer Israel ke atas kapal Mavi Marmara pada 2010 yang menewaskan 10 aktivis Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com