Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Minta DK PBB Segera Ambil Keputusan soal Konflik Ukraina-Rusia

Kompas.com - 18/07/2014, 13:01 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan keputusan soal konflik di perbatasan Ukraina dan Rusia. Presiden mengatakan, Indonesia menyerukan agar solusi damai bisa tercipta dalam penyelesaian konflik itu.

"Indonesia menyerukan agar segera dilakukan solusi damai di Ukraina. PBB segera bersidang dan Indonesia mendukung penuh Dewan Keamanan PBB harus mengambil keputusan segera," ujar Presiden dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jumat (18/7/2014).

Presiden Yudhoyono juga menyerukan agar ada penggalangan solidaritas internasional dalam membantu Malaysia dan negara lain. Konflik antara kedua negara itu telah merugikan dunia internasional. Peristiwa terkini adalah dengan ditembaknya pesawat Malaysia Airlines MH17 di perbatasan Ukraina dan Rusia yang menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat itu.

Presiden menilai aksi penembakan itu sebagai sebuah pelanggaran hukum internasional, termasuk hukum perang. Ia menegaskan, Indonesia siap menjadi bagian dari upaya investigasi dari penembakan yang diduga dilakukan kelompok pro-Rusia itu.

Konflik antara Ukraina dan Rusia ini menjadi sorotan dunia internasional. Dewan Keamanan PBB pada April lalu melakukan sidang darurat untuk membahas krisis Ukraina saat Kiev bersumpah untuk melancarkan operasi militer setelah pasukan separatis pro-Rusia menyita gedung-gedung pemerintah di wilayah timur negara itu.

Pertemuan itu adalah yang kesepuluh kalinya digelar untuk membahas masalah Ukraina sejak pemimpin pro-Barat naik ke tampuk kekuasaan di Kiev Februari lalu. Proses pergantian kekuasaan itu juga terjadi setelah adanya protes berdarah melawan keputusan rezim lama yang menolak untuk beraliansi dengan Uni Eropa dan justru beralih ke Moskwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com