Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Jual Apache dan Rudal Patriot ke Qatar

Kompas.com - 16/07/2014, 09:28 WIB
KOMPAS.COM - Amerika Serikat akan menjual helikopter tempur Apache dan sistem pertahanan udara Patriot dan Javelin kepada Qatar. Kesepakatan pertahanan kedua negara ini bernilai lebih dari 11 miliar dollar AS atau sekitar Rp 129,5 triliun.

Seorang pejabat pertahanan Amerika kepada kantor berita AFP mengatakan berdasarkan kesepakatan ini Qatar antara lain akan mendapatkan 10 baterai untuk Patriot, sistem pertahanan yang bisa menghadang dan menghancurkan rudal musuh.

Selain itu Qatar akan menerima 24 helikopter Apache dan 500 rudal antitank Javelin.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Amrika menggambarkan hubungan Washington dengan Qatar sebagai "sangat penting" dan kesepakatan penjualan senjata ini menggarisbawahi pentingnya hubungan kedua negara.

"Ini juga akan membantu meningkatkan hubungan militer yang lebih luas antara Amerika dan Qatar, kata sekretaris bidang media di Kementerian Pertahanan Amerika, John Kirby.

Perjanjian ini ditandatangani di kantor Kementerian Pertahanan di Washington oleh Menhan Amerika Chuck Hagel dan mitranya dari Qatar, Hamad bin Ali al-Attiya.

Bagi Qatar ini adalah pembelian rudal Patriot yang pertama.

Negara-negara Teluk lain, seperti Kuwait, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab sudah memiliki sistem pertahanan udara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com