Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-JK Kuasai Pilpres di Luar Negeri, Kecuali Timur Tengah

Kompas.com - 11/07/2014, 13:59 WIB
KOMPAS.com — Pasangan Jokowi-JK menguasai perolehan suara dari luar negeri untuk Pilpres 2014, kecuali dari beberapa negara di Timur Tengah dan Myanmar yang dimenangi pasangan Prabowo-Hatta.

ABC yang memantau hasil penghitungan suara di luar Indonesia melaporkan bahwa pasangan Prabowo-Hatta Rajasa sejauh ini hanya menang di beberapa negara, seperti Kuwait, Qatar, Bahrain, serta di Myanmar. Sisa dari penghitungan suara yang sudah dilakukan di 37 negara dimenangi oleh pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

ABC mendapatkan rincian data dari Indonesia Diaspora Network (IDN) Global, jaringan warga Indonesia yang berada di luar negeri. Menurut IDN, jumlah suara ini masih belum termasuk suara yang dikirim lewat pos maupun drop box yang penghitungannya akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Semua hasil dari luar negeri ini kemudian akan diumumkan bersamaan dengan hasil resmi di Indonesia oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli mendatang.

Dari pengumpulan data yang dilakukan IDN di lima negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika, Jokowi-JK hanya menang di Arab Saudi dengan suara tipis, 2.646 suara (52,05 persen), sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan 2.438 (47,95 persen), dan juga di Nairobi (Kenya), di mana 171 orang memilih Jokowi dan 83 orang memilih Prabowo.

Di Kuwait, Qatar, dan Bahrain, Prabowo menang masing-masing dengan 837 suara (55,9 persen), 2.087 suara (56,9 persen), dan 213 suara (52,46 persen).

Di Myanmar, pasangan Prabowo-Hatta juga menang dengan mendapatkan 229 suara (52,52 persen).

Sisanya di berbagai negara lain, Jokowi-Jusuf Kalla rata-rata menang telak dengan persentase kemenangan berkisar dari 53 persen sampai 93,80 persen.

Di Dili, Timor Leste, dari 1.110 suara yang masuk, 789 suara menghendaki Jokowi menjadi Presiden Indonesia berikutnya, sementara 321 orang menentukan pilihannya untuk Prabowo.

Di negara dengan pemilih besar seperti Singapura, yang sudah menghitung 22.185 suara, Jokowi mendapatkan 80,98 persen, yaitu 17.965 suara. Hal serupa juga terjadi di Taipei, Hongkong, dan Tiongkok.

"Hasil pemantauan selama Pilpres 2014 menunjukkan antusiasme besar di kalangan diaspora Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya. Hal ini terlihat dengan jumlah partisipasi yang lebih tinggi ketimbang saat pemilu legislatif tahun ini. Semangatnya diaspora Indonesia untuk berpartisipasi dalam proses politik ini diharapkan menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan voters turnout pemilih di luar negeri ke depan," demikian rilis IDN yang diterima oleh wartawan ABC International, L Sastra Wijaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com