Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpati Masyarakat Indonesia bagi Gaza

Kompas.com - 11/07/2014, 11:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.COM - Serangan udara Israel yang menewaskan puluhan warga sipil di Gaza mengundang reaksi dunia Internasional, tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Ungkapan solidaritas untuk rakyat Palestina disampaikan melalui media sosial dengan tanda tagar #PrayForPalestine #SavePalestine, dan #PrayForGaza.

Tak hanya itu, ajakan memberikan sumbangan untuk rakyat Palestina banyak beredar di media sosial.

Organisasi sosial ACT mengatakan jumlah sumbangan meningkat setelah situasi di Gaza memburuk dalam beberapa hari terakhir. Seperti disampaikan oleh Imam Akbari, wakil presiden senior ACT. "Sejauh ini respon masyarakat cukup bagus, bahkan mereka yang kini lebih fokus terhadap peta politik di tanah air pun ikutan, medsos ini kan salah satu media yang dapat dengan mudah di akses masyarakat Indonesia, dan ACT memiliki akun di medsos untuk sosialisasi soal pemberian donasi," jelas Imam.

Selain membuka dompet sumbangan, ACT berencana mengirim tim kemanusiaan ke Gaza yang akan diberangkatkan Jumat ini.

Animo Luar Biasa

Sementara itu organisasi kemanusiaan lain, Mer C, belum akan mengirimkan tim kemanusiaan tambahan ke Gaza karena situasi keamanan di wilayah tersebut.

Dr. Joserizal Jurnalis mengatakan Mer C sebelumnya telah menempatkan 19 relawan di Gaza untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit yang berasal dari sumbangan masyarakat Indonesia.

Dia mengatakan masyarakat Indonesia memiliki perhatian yang besar dalam masalah Palestina.

"Animo masyarakat Indonesia luar biasa, karena rumah sakit yang kita bangun tak sepeser pun dana berasal dari pemerintah atau dari luar negeri, ini murni dari uang rakyat Indonesia biaya hampir Rp 40 milliar dan akan dilengkapi peralatan medis," jelas Joserizal.

"Kita ada rekening untuk menampung sumbangan masyarakat untuk pembangunan rumah sakit dan juga untuk dana kemanusiaan yang akan disalurkan ke Palestina," tambah Joserizal

Aksi solidaritas dan juga konser perdamaian untuk Palestina rencananya akan digelar mulai Jumat ini di berbagai daerah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com