Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Israel: Tiga Tersangka Israel Pembantai Remaja Palestina Segera Dibebaskan

Kompas.com - 10/07/2014, 05:14 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Tiga dari enam warga Israel yang ditangkap dengan tuduhan menculik dan membunuh remaja Palestina pada Rabu (2/7/2014), akan dibebaskan menurut pemberitaan beragam media Israel.

"Tiga dari enam tersangka dalam pembunuhan remaja Palestina Mohammed Abu Khder dibebaskan Kamis (10/7/2014)," kata harian Haaretz, Rabu (9/7/2014).

"Jika tidak ada perkembangan baru tiga dari enam tersangka ... diharapkan akan dibebaskan besok," lapor situs berita Nana, Rabu.

Israel menangkap enam ekstremis Yahudi pada Minggu (6/72014) sehubungan dengan pembunuhan Abu Khder (16) itu. Penculikan dan pembunuhan ini telah memicu bentrok di Jerusalem timur hingga kota-kota komunitas Arab di Israel.

Pada Senin (7/7/2014), sumber yang dekat dengan penyelidikan menyatakan tiga tersangka sudah mengaku terlibat dalam penculikan dan pembunuhan Kdher.

LSM Honenu, organisasi yang menggambarkan diri sebagai lembaga bantuan hukum zionis Irael dan mewakili keenam tersangka, Rabu, menyatakan telah mengajukan keberatan atas penahanan kliennya. Lembaga ini menyatakan pula bahwa tiga tersangka yang menyangkal terlibat dalam aksi brutal tersebut akan diizinkan pulang.

Penculikan dan pembunuhan ini diyakini merupakan aksi balas dendam atas kematian tiga remaja Israel yang jasadnya ditemukan pada Senin (30/6/2014) setelah hilang sejak 12 Juni 2014.

Palestina sebelumnya sudah bersuara bahwa mereka tak banyak berharap Israel akan membawa pembunuh Khder ke pengadilan. Menurut otoritas Palestina, pelepasan tiga tersangka ini bisa memicu kerusuhan jalanan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com