Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merkel: Menjadi Agen Intelijen Ganda adalah Pelanggaran Serius!

Kompas.com - 07/07/2014, 12:25 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel, Senin (7/7/2014), mengatakan tuduhan seorang lelaki Jerman telah berperan menjadi agen ganda untuk intelijen Amerika Serikat merupakan pelanggaran serius. Bila tuduhan itu benar, tindakan tersebut juga merupakan kontradiksi yang nyata dari kerja sama yang seharusnya terjadi di antara sesama mitra.

"Kasus ini berisiko membuat hubungan dengan Washington semakin tegang, bersesuaian informasi yang beredar pada tahun lalu tentang pengintaian berskala besar oleh Badan Kemanan Nasional Amerika Serikat (NSA)," kata Merkel, di Beijing, China, Senin.

Gedung Putih dan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat sejauh ini menolak mengomentari penangkapan seorang lelaki berumur 31 tahun dari badan intelijen asing Jerman (BND) yang diduga merupakan agen ganda itu. Dari sumber informasi Reuters, lelaki ini diduga mengirimkan dokumen intelijen ke kontaknya di Amerika Serikat.

Tahun lalu, isu penyadapan juga sudah mengguncang hubungan diplomatik antara Jerman dan Amerika Serikat. Berdasarkan informasi yang diungkap mantan kontraktor NSA Edward Snowden, NSA telah menyadap pembicaraan telepon Merkel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com