Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Kuasai Ladang Minyak Utama Suriah

Kompas.com - 04/07/2014, 15:59 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini sudah sepenuhnya menguasai ladang minyak dan gas Suriah di provinsi Deir Ezzor yang berbatasan dengan Irak.

Belum lama ini ISIS mendeklarasikan sebuah Kekalifahan Islam di wilayah Suriah dan Irak yang mereka rebut dari pasukan pemerintah kedua negara itu.

"ISIS menguasai ladang minyak Tanak, yang terletak di gurun Sheiytat di wilayah timur provinsi Deir Ezzor, Kamis malam setelah kelompok pemberontak rivalnya mundur," kata Ketua Organisasi Pengamat HAM suriah, Rami Abdel Rahman.

Di hari yang sama ISIS juga merebut ladang minyak Al-Omar. Namun, ISIS belum berhasil menguasai ladang minyak kecil Al-Ward yang memproduksi sedikitnya 200 barel minyak per hari. Ladang minyak itu hingga kini masih dikuasai sebuah suku lokal.

ISIS menguasai ladang minyak Tanak dan Al-Omar setelah rival mereka Front Al-Nusra dan kelompok pemberontak Suriah lainnya mundur dari kawasan itu.

Pada Januari lalu, Al-Nusra dan kelompok pemberontak Suriah lainnya bergabung untuk menghadapi ISIS, karena kelompok ini berusaha menancapkan kekuasaannya di Suriah dengan cara-cara brutal.

Kelompok pemberontak berhasil mengusir ISIS dari provinsi Idlib dan sebagian besar wilayah Aleppo. Namun, ISIS tetap menancapkan kukunya di provinsi Raqa.

Kini di provinsi Deir Ezzor, ISIS menguasai hampir seluruh wilayah pedesaan provinsi itu dan pasukannya mendapat keuntungan dengan banyaknya senjata yang berhasil mereka rampas dari pasukan Irak yang mundur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com