Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Buka Saat Puasa, Sebuah Kafe di Lebanon Digranat

Kompas.com - 03/07/2014, 16:16 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Sebuah kafe yang buka selama siang hari di saat bulan Ramadhan di Tripoli, Lebanon dilempar sebuah granat yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal. Akibatnya, empat orang luka dan bangunan kafe itu mengalami kerusakan.

Dua orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor melemparkan sebuah granat ke kafe Makiya yang pemiliknya bersikukuh tetap membuka tempat itu untuk melayani pelanggan yang tak berpuasa.

Salah seorang penduduk Tripoli yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan Makiya adalah salah satu kafe di kota Tripoli yang tetap buka untuk melayani pelanggan yang tak berpuasa.

Sejumlah pelanggan reguler kafe ini adalah mereka yang memiliki masalah kesehatan kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, masalah ginjal dan kandung kemih.  Warga ini mengatrakan insiden di kafe Makiya mengingatkan dirinya saat Tripoli dikuasai Gerakan Persatuan Islam pada 1980-an.

Serangan itu terjadi setelah pemerintah kota Tripoli mengeluarkan pernyataan agar warga menghormati bulan Ramadhan dengan tidak makan dan minum di tempat-tempat umum.
Wali kota Tripoli Nader Ghazal juga meminta para pemilik restoran dan kafe untuk menghormati kesucian bulan Ramadhan.

Namun, sebagian warga kota Tripoli mengatakan anjuran untuk tidak makan dan minum di tempat publik bukan kewajiban, karena tak ada undang-undang yang melarangnya. Tripoli adalah kota terbesar kedua Lebanon yang penduduknya terdiri atas beragam kelompok agama seperti Islam, Kristen hingga mereka yang mengaku tak beragama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com