Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja AS Ditangkap karena Dukung ISIS

Kompas.com - 03/07/2014, 14:38 WIB
KOMPAS.COM - Seorang wanita berumur 19 tahun dari Amerika Serikat ditangkap karena diduga mencoba memberikan dukungan kepada organisasi Negara Islam Suriah dan Suriah atau ISIS.

Menurut dokumen pengadilan yang baru-baru ini dibuka, Shannon Maureen Conley, dari Denver, ditangkap pada April ketika ia hendak naik ke pesawat.

Dia mengatakan kepada petugas bahwa dia akan ke Turki dan kemudian ke Suriah untuk bertemu seorang pria yang dia kenal di dunia maya.

Seorang pria berkewarganegaraan Tunisia, diklaim sebagai anggota aktif organisasi ISIS.

Berdasarkan data pengaduan kriminal yang disimpan Pengadilan Distrik AS di Colorado, Conley mengikuti kursus pelatihan taktik militer dan senjata api dengan US Army Explorer pada awal tahun.

Dia diduga merencanakan pelatihan yang telah diikutinya untuk membantu para pejuang ISI melalui pria yang bertemu secara daring, dan berbagi pemikirannya tentang "pandangan Islam yang harus berjihad melawan orang-orang non-Muslim", tulisnya.

Para pejabat mulai menyelidiki Conley setelah seorang pendeta di Faith Bible Chapel di Arvada, Colorado, memberitahu polisi setempat dan pihak penyelidik FBI Colorado atas kecurigaan terhadap seorang wanita mencatat tata letak gereja kampus.

Sebelumnya, di gereja ini telah terjadi penembakan mematikan pada tahun 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com