Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Serukan Muslim Pindah ke Irak dan Suriah

Kompas.com - 02/07/2014, 08:14 WIB
KOMPAS.COM - Pemimpin kelompok militan ISIS di Irak menyerukan umat Islam untuk bertolak ke Irak dan Suriah untuk membantu membangun negara Islam. Abu Bakr al-Baghdadi, dalam sebuah pesan audio, menyerukan Muslim untuk berimigrasi ke "Negara Islam" dengan mengatakan langkah itu sebagai kewajiban.

Ia membuat "seruan khusus" itu untuk para hakim, dokter, insinyur dan mereka yang memiliki keahlian militer dan administratif.

Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengumumkan pembentukan negara Islam atau kekalifahan, di kawasan yang mereka kuasai di Irak dan Suriah.

Dalam pesan audio sebelumnya pekan ini, ISIS memproklamirkan Abu Bakr al-Baghdadi sebagai kalifah dan "pemimpin Muslim di mana pun".

Balas Dendam

Pemerintah Irak kehilangan kekuasaan di sebagian besar tempat ke tangan militan Sunni yang dipimpin ISIS dalam satu bulan terakhir.

Kelompok itu mengatakan negara Islam akan diperluas dari Aleppo di Suriah ke Propinsi Diyala di Irak timur.

Dalam pesannya, Abu Bakr al-Baghdadi, juga menyerukan agar para pejuang meningkatkan pertempuran selama bulan Ramadan.

Ia juga menyebut daftar panjang negara yang ia katakan terjadi pelanggaran yang dilakukan terhadap Muslim, dari Republik Afrika Tengah sampai Myanmar. "Kami akan balas dendam. Bahkan bilapun perlu waktu, kami akan balas dendam," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com