Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Ancam Serang Gaza jika Hamas Tak Hentikan Serangan Roket

Kompas.com - 30/06/2014, 19:57 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Pemerintah Israel, Senin (30/6/2014), memperingatkan Hamas untuk mencegah penembakan roket dari Gaza di tengah kekhawatiran munculnya konfrontasi baru di sekitar wilayah kantong Palestina itu.

Sepanjang Senin, sebanyak 14 roket ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel. Akibatnya, PM Benjamin Netanyahu memperingatkan agar Hamas menindak para pelaku penembakan sebelum pasukan Israel turun tangan.

"Jika penembakan roket ini terus terjadi, hanya ada dua kemungkinan, yaitu Hamas menghentikannya sebagai bentuk tanggung jawab penguasa wilayah atau kami yang menghentikannya," kata Netanyahu.

Sejak Jumat (27/6/2014), sedikitnya 26 roket dan peluru mortir mendarat di wilayah selatan Israel, dan empat lainnya rontok dicegat sistem anti-roket Israel.

Sebagai respons penembakan roket itu, Angkatan Udara Israel menyerang Gaza dan menewaskan setidaknya tiga anggota kelompok militan di wilayah itu.

Peningkatan jumlah tembakan roket dari Gaza seiring dengan terus meningkatnya jumlah warga Palestina di Tepi Barat yang ditahan Israel dalam operasi pencarian tiga remaja yang hilang sejak 12 Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com