Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Klaim Dalangi Bom Bunuh Diri di Beirut

Kompas.com - 27/06/2014, 20:49 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri yang tewas dalam penggrebekan oleh pasukan keamanan Lebanon adalah anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), berdasarkan pernyataan yang dipublikasikan pada Jumat (26/6/2014).

"Dua singa ISIS, yang memasuki kota Beirut di hotel Duroy, terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan yang loyal kepada Partai Setan," demikian pernyataan yang dipublikasikan di dunia maya itu.

Yang dimaksud dengan Partai Setan dalam pernyataan itu adalah Hezbollah yang dalam bahasa Arab justru berarti Partai Tuhan.

"Kami katakan kepada Partai Setan dan agen-agennya, militer Lebanon, bahwa ini adalah serangan pertama dan masih banyak ratusan orang yang berani bunuh diri untuk darah Syiah," lanjut pernyataan itu.

Pernyataan yang diduga dibuat ISIL itu muncul tiga hari setelah pernyataan yang dikeluarkan kelompok Brigade Abdullah Azzam yang terkait Al Qaeda yang memperingatkan serangan lanjutan terhadap Syiah di Lebanon.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Lebanon mengatakan pelaku bom bunuh diri yang berasal dari Arab Saudi itu sebenarnya tengah mengincar target lain.

Target yang hendak diincar si "pengantin" Saudi itu adalah sebuah restoran yang ramai di wilayah selatan Beirut yang banyak didiami warga Syiah.

Namun, sebelum rencana itu terlaksana, aparat keamanan sudah mengendus keberadaannya dan langsung menggrebeknya di Hotel Duroy, pada Rabu (25/6/2014).

Ledakan bom bunuh diri di Hotel Duroy itu merupakan serangan bom ketiga dalam lima hari di Lebanon, yang terimbas perang saudara di Suriah dan Irak, sehingga memecah warga negeri kecil itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com