Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media-media Israel Bereaksi atas "Video Nazi" Ahmad Dhani

Kompas.com - 26/06/2014, 14:30 WIB
Tri Wahono

Penulis


KOMPAS.com
 — Klip video Ahmad Dhani yang menampilkan simbol-simbol Nazi telah menjadi sorotan internasional. Setelah media Jerman, Der Spiegel, yang pertama kali mengangkat isu tersebut, disusul situs majalah Time, kali ini media-media di Israel juga bereaksi.

Haaretz menurunkan tulisan dengan judul "Indonesian Political Video Raises Eyebrows with Nazi Iconography" (Video Politik Indonesia Bikin Alis Terangkat karena Simbol-simbol Nazi), sementara Times of Israel menulis "Indonesia quasi-Nazi Video Cause Stir" (Video Sok Nazi dari Indonesia Bikin Heboh).

Kedua situs sama-sama mempertanyakan komentar Dhani yang dinilai tidak menyesal menggunakan simbol-simbol tersebut walaupun keturunan Yahudi. Dhani disebut memiliki darah Yahudi oleh kedua media Israel walaupun dalam berbagai kesempatan Dhani membantah sebagai keturunan Yahudi.

"Apa hubungan antara tentara Jerman dan musisi Indonesia? Kami, orang Indonesia, tidak membunuh jutaan orang Yahudi, bukan?" komentar Dhani yang menjadi sorotan.

Penampilan Dhani dalam video berjudul "We Will Rock You" sebagai dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dikritik karena menyerupai seragam komandan SS Heinrich Himmler.

Tidak hanya baju Dhani yang menjadi perhatian, Times of Israel juga menyoroti burung garuda yang digunakan dalam klip video tersebut. Burung Garuda Pancasila berwarna emas dianggap media tersebut menyerupai lambang elang Nazi.

Sebelumnya, video tersebut juga mendapat kritikan karena menggunakan lagu milik Queen tanpa izin. Gitaris Queen, Brian May, sampai menulis tweet yang menyatakan bahwa lagu untuk video dukungan bagi Prabowo-Hatta itu tanpa izin darinya.

Menanggapi beredarnya kontroversi tersebut, manajemen Dhani telah menghapus klip video dari YouTube. Meskipun demikian, video tersebut telanjur beredar dan diunggah akun lain dan dibuka ribuan kali.

Dhani juga mengakui telah memodifikasi lirik lagu "We Will Rock You" milik Queen tanpa izin dengan dalih klip video tersebut bukan materi kampanye resmi.

Soal baju Nazi, Dhani justru heran kenapa baru dipermasalahkan sekarang. Ia mengaku menyukai fashion militer dan selama ini sudah menggunakannya tanpa menimbulkan masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com