Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cristiano Ronaldo Ternyata Punya Sepupu Jauh di Brasil

Kompas.com - 22/06/2014, 04:52 WIB
SAO PAULO, KOMPAS.com - Siapa nyana mega bintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo memiliki sepupu jauh di Brasil. Sang saudara jauh itu adalah Rogers Aveiro, yang secara kebetulan selama beberapa pekan ke depan akan tinggal berdekatan dengan CR7, nama populer Ronaldo.

Kebetulan, tim nasional Portugal memilih basis mereka selama di Brasil di Campinas, kawasan tempat tinggal keluarga Rogers Aveiro.

Keluarga Aveiro, Armando dan istrinya, Sandra mengaku putra tunggal mereka Rogers (36) dari sisi manapun tak nampak mirip dengan penyerang Real Madrid itu. Terlebih lagi kemampuannya mengolah si kulit bundar. "Saya pemain sepak bola yang buruk," kata Rogers tanpa malu-malu.

Namun, didukung dengan silsilah keluarga maka keluarga Aveiro dengan bangga menyatakan keterkaitan darahnya dengan CR7 yang memiliki nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu.

Lalu dari mana hubungan darah Rogers dan Ronaldo? Singkatnya, kedua leluhur Ronaldo dan Rogers yaitua Francisco dan Jose adalah kakak beradik. Mereka tinggal di Madeira, Portugal di akhir 1800-an.

Kemudian, putra Jose beremigrasi ke Brasil di awal abad ke-20 dan sukses menjadi petani di kawasan subur Campinas yang terletak tak jauh dari kota metropolitan Sao Paulo.

Sekitar 100 tahun sesudahnya, Ronaldo yang sudah menjadi selebriti paling dikenal di dunia, tiba di Campinas yang kini menjadi kota besar berpenduduk satu juta orang untuk berlaga dalam Piala Dunia.

Dan beberapa hal yang ada di Campinas ternyata memiliki keterkaitan dengan sanak kerabat Cristiano Ronaldo.

Misalnya, Ronaldo berlatih di hadapan ribuan penggemarnya di stadion yang didirikan di atas lahan yang dulu digarap keluarga Aveiro. Lalu, hotel tempat menginap Ronaldo dan timnas Portugal yang dibangun dengan batu bata yang diproduksi keluarga yang sama.

Kembali ke soal Rogers, sang sepupu jauh Ronaldo. Dia mengakui kawan-kawannya kerap meledeknya terkait hubungan keluarganya dengan mantan pemain Manchester United itu.

"Kawan dan saudara-saudara saya kerap menertawakan saya karena saya tak bisa bermain sepak bola, tak seperti Ronaldo yang merupakan salah satu pemain terbaik dunia," ujar Rogers.

Meski memiliki hubungan saudara, Rogers dan keluarganya tak pernah mencoba menghubungi Ronaldo. Rogers bahkan tak mendapatkan tiket untuk melihat timnas Portugal berlatih. "Tiket itu habis hanya dalam waktu lima menit," tambah Rogers.

Sebagai keluarga, Rogers berharap Portugal bisa berbicara banyak dalam Piala Dunia 2014. Rogers dan kedua orangtuanya mengatakan mendukung Brasil dan Portugal. Namun, Rogers mengakui Ronaldo bukan pemain favoritnya. Dia mengaku lebih menyukai penyerang Brasil , Hulk yang dianggapnya pemain yang kuat.

"Tapi mungkin menyenangkan juga jika saya bisa bermain sepak bola dengan Ronaldo," ujar Rogers sambil tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com